Senin, 28 November 2011

KELUARGA DAN KEKERABATAN

KELUARGA DAN KEKERABATAN

            KELUARGA
                          Keluarga sebagai satuan sosial terkecil yang dipunyai manusia sebagai makhluk sosial. Dasarnya sebuah keluarga adalah sebuah satuan kekerabatan yang juga merupakan sebuah satuan tempat tinggal atas kehidupan yang ada dalam sebuah komuniti atau masyarakat. Sebuah keluarga terdiri dari seorang laki-laki dan perempuan beserta anak-anaknya yang tinggal dalam satu rumah yang sama yang bisa disebut keluarga inti atau batih. Sebuah keluarga dapat juga terwujud oleh adanya hubungan kelamin yang permanen atau konkubinasi. Tetapi saat ini, keluarga inti tidak selama dari suami istri dan anaknya karena tidak adanya salah satu anggota tersebut yang di rumah untuk jangka waktu tertentu.
                                    Di jaman sekarang, ada juga keluarga yang poligami baik yang poligini maupun poliandri. Perkawinan yang menghasilkan keluarga poligami terwujud karena masyarakat yang bersangkutan mengijinkan dilakukannya perkawinan tersebut. Ada juga keluarga luas dengan tambahan dari sejumlah orang lain baik yang kerabat maupun yang tidak tetapi hidup di suatu rumah yang sama.
            KEKERABATAN
                                    Sistem Kekerabatan adalah serangkaian aturan aturan yang mengatur penggolongan orang orang yang sekerabat yangn melibatkan adanya berbagai tingkat hak dan kewajiban diantara orang orang yang sekerabat yang membedakan dari hubungan hubungan mereka dengan orang orang yang tidak tergolong sebagai kerabat.
Seorang atau Ego dianggap sebagai kerabat karena Ego tersebut dianggap masih seketurunan atau mempunyai hubungan darah dengan orang lain tersebut.
PERANAN KERABAT DAN FUNGSI KEKERABATAN
Peranannya adalah sebagai identitas dalam suatu kedudukan tertentu untuk menunjukan tindakan tindakan tertentu sesuai dengan identitasnya. Tindakan itu tidak boleh menyimpanng dari yang seharusnya diwujudkan menurut aturan yang berlaku dalam sistem kekerabatannya. Sedangkan fungsi kekerabatan itu terwujud dalam proses kelompok atau satuan sosial.
KELOMPOK KELOMPOK KEKERABATAN
Dalam masyarakat sekarang ini ada hubungan perkawinan yang disebut kelompok affina yaitu orang orang yang seketurunan digolongkan sebagai sebuah satuan atau sebuah kelompok. Didalam masyarakat Indonesia corak sistem kekerabatan yang paling umum dianut adalah sistem bilateral dibanding patrilineal dan matrilineal karena ada yang menekankan pentingnya keturunan yang terpusat pada garis Ayah atau Ibu.
            ISTILAH KEKERABATAN
Digunakan utuk menunjukan identitas pada kerabat berkenaan dengan penggolongan kedudukan mereka dalam hubungan kekerabatan masing masing dengan Ego yang berhubungan dengan kedudukan hak dan kewajiban agar mudah dilakukan dan tertib sesuai dengan aturan kekerabatan yang berlaku.
KELOMPOK KEKERABATAN DIDAERAH PERKOTAAN ATAU PERANTAUAN
Dalam masyarakat Indonesia yang multikultural apabila mereka berada ditempat yang asing atau diperantauan yang jauh letaknya dari asal mereka maka mereka akan membentuk kelompok kelompok suku dan asal tumpah darah meraka masing masing.

KELUARGA DAN KESUKUBANGSAAN
Dalam masyarakat perdesaan yang pada umumnya adalah homogen, seorang anak yang dilahirkan, dibesarkan bahkan sampai dia mati itu dalam kebudayaan orang tua dan lingkungannya, karena bagaumanapun keluarga dan masyarakat tersebut merupakan bagian dari komunity dari suku bangsa yang bersangkutan. Kebudayaan itu dapat diperoleh melalui proses sosialisasi dan pembudayaan dari orang tua dan masyarakat sukku bangsanya, walaupun hal itu tidak disadari oleh sang anak.
Sedangkan dimasyarakat perkotaan yang heterogen sering menyebabkan kebudayaan yang berbeda beda maka masyarakat perkotaan berusaha mengadaptasikan dirinya dengan kebudayaan yang lain agar tidak terjadi konflik dan pertentangan. Dilain pihak ada sebagian masyarakat yang mengambil kebudayaan lain tapi juga yang masih berpegang teguh pada kebudayaannya sendiri dengan demikian, walaupun meraka sudah moderen kesukubanngsaanya itu tidak akan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar